Sunday, February 1, 2009

Masa Kecil... PERMAINAN TRADISIONAL SERUUU BANGET!!!

Inget masa kecil, pasti gak lepas dari yang namanya permainan tradisional. Walaupun disebut dalam berbagai istilah, tapi daku yakin kalo hampir semua orang yang lahirnya sekitar tahun 70 dan 80-an merasakan permainan yang jauh lebih asyik daripada sekedar duduk di depan komputer bermain game online ato PSP yang gak banyak membutuhkan kucuran keringat dan energy yang lebih.
Mudah-mudahan kalian semua bisa kembali mengenang masa lalu dan di hari libur nanti, mengajak teman-teman seangkatan anda untuk berkumpul bermain bersama. Yang kita perlukan hanyalah lapangan yang cukup luas dan ketangkasan untuk bisa menang serta persaingan yang sehat. Pokoknya dijamin seru deh…
Game pertama adalah “CABUT”, yang dalam versi Indonesia lebih dikenal sebagai “GOBAK SODOR”. Kalo di kota kelahiran saya, Palembang, kita biasa menyebutnya cabut, sesuai kata pertama yang harus kita teriakan untuk menandakan permainan dimulai. Ada beberapa penjaga yang hanya boleh berjalan sesuai garis permainan. Satu orang menjaga di garis depan, sekaligus menjaga garis tengah yang melintang dari depan ke bagian belakang. Penjaga yang lain berjaga di garis-garis yang memanjang ke samping, tidak boleh pindah posisi. Para pemain berusaha berlari dari garis samping menuju paling belakang dan kembali ke garis awal tanpa bisa disentuh oleh penjaga. Kadang-kadang kecurangan seringkali terjadi, karena daku begitu diteriakin kenaaaaa, langsung mengelak dengan seribu alasan. Kalo baru mulai maen, pasti ada kesepakatan, kena baju dianggap “dak asi” alias “gak sah”. Keren kan?
Game kedua adalah “BENTENGAN”, yang versi Indonesianya daku gak tau. Pastinya kita akan membagi para pemain jadi dua kelompok, dan menentukan satu benteng yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan. Yang serunya, kalo kita mengatur strategi untuk mencari celah sampai ke benteng lawan. Kadang-kadang dengan bodohnya kita sampai mengambil jalan paling jauh dan paling tidak mungkin trus tiba-tiba sudah ada di belakang benteng lawan. Ato kalo salah satu dipaksa jadi umpan supaya lawan trpancing dan keluar dari bentengnya. Lalu kita serbuuuuu… nangkepin musuh satu-satu untuk jadi sandera. Proses pembebasan sandera juga sangat seru, hahaha. Ini bener-bener olahraga lahir batin lah pokoknya. Keren abizzz..
Favorit daku berikutnya adalah “OREK’AN” alias “KEJER2AN”. Nah, kalo yang ini memang sudah biasa. Tapi jangan salah, ternyata banyak banget versi permainan ini. Kalo yang biasa, untuk menghindar dari penjaga, kita lalu duduk sampai menunggu diselamatkan orang lain, maka ada juga yang lebih kreatif dengan mengganti ‘duduk’ menjadi ‘mematung’ atau ‘menyebutkan nama pahlawan atau nama binatang atau nama buah’. Coba bayangkan, untuk bisa bermain ini kita perlu lebih dari sekedar tenaga tapi juga konsentrasi tinggi. Lagi sibuk dikejer penjaga, kita masih harus mikir menyebut apa untuk bisa selamat dari kejeran. Terus belom lagi aksi heroic dari temen2 yang sok jagoan berusaha menyelamatkan yang sedang duduk ato jadi patung. Gak jarang justru merekalah yang menyesatkan kita ke lubang kekelaman. Karena begitu disentuh yang artinya boleh lari lagi, eh kita malah langsung dikenai oleh si penjaga. Yaaaah… Menyesal trus marah2 deh ke yang nyelametin.
Tau gak sama yang satu ini? Sebutannya di Palembang sih “CAK ENGKLENG”. Uhm… Diceritain aja ya. Kita bikin kotak2 di tanah, ada yang versi biasa, ada yang versi pesawat terbang. Trus kita ambil batu ato benda yang pipih untuk jadi alat main kita. Benda itu dilepar ke kotak, gak boleh kena garis. Trus kita lompat2 deh dari satu kotak ke kotak lain. Bentuknya yang paling awal dua kotak, terus satu kotak, terus dua kotak lagi, satu lagi, dan terakhir dua kotak. Kita harus sampe di kotak terakhir dan berbalik sambil mengambil batu yang dilempar itu untuk kita bawa keluar dari kotak awal. Bener gak sih penjelasanku? Nah, kita bisa terus lempar batu itu dari yang pertama sampe terakhir. Kalo ada batu milik orang lain di salah satu kotak, berarti kotak itu harus dilewatin tanpa diinjak. Aduh, ribet bener deh ini jelasin permainannya. Enaknya langsung dipraktekin sih… nanti ya, kita bikin turnamen permainan tradisional.
Sebenernya masih banyak lagi sih permainan seru abad lalu. Kalo di Palembang kita paling sering maen waktu jam-jam istirahat sekolah dan sore-sore ama tetangga. Misalnya, “BUAYA2AN”, “YEYE a.k.a KARET”, “TUNGKUPAN a.k.a “SUMPUTAN” – kalo kata temen daku seek and hide. Nah yg bener itu hide and seek ato seek and hide sih? Soalnya dia ngomongnya dengan berapi-api dan setengah teriak,hahaha. Nah, gimana ide liburan minggu ini? Mantab bener kan? Kita ajarin dong para generasi penerus bangsa untuk maen game-game yang asyik dan seru kayak kita dulu. Apalagi kalo sampe ada turnamen permainan tradisional itu. Keren…

1 comment:

Unknown said...

wuuuuih....seru ya...
jadi ingat masa kecil di palembang
:-)

salam kenal,

bayu
http://bayu.in