Thursday, August 20, 2009

How Full is Your Bucket


Tadi malam saya tidak bisa tidur sampai jam 3 subuh. Coba bayangkan betapa pegelnya tiduran di kasur yang setipis awan (tipissss banged, beneran!) selama beberapa jam dan cuma bisa bolak-balik badan sambil baca buku.

Satu buah buku seru untuk saya bagi kepada Anda, judulnya "How Full is Your Bucket". Keren nih bukunya, isinya dalaaaam tapi bukunya gak tebel-tebel amat. Inti dari buku ini adalah, "manusia memiliki ember dan ciduk yang tidak terlihat". Setiap hari ember itu diciduk dan diisi kembali. Pengisian ember akan membuat kita semakin "baik", tetapi tak jarang orang-orang disekitar kita menciduk isi ember kita. Mengisi ember dilakukan dengan hal-hal yang positive. Kita diingatkan untuk berbuat positive dan memenuhi ember kita sendiri. Suatu saat ember ini akan luber, lalu kita juga diwajibkan mengisi ember-ember orang sekeliling kita.

Banyak hal yang bisa kita perbuat untuk orang lain. Tidak perlu jauh-jauh, kita bisa memulai belajar untuk mengisi ember orang terdekat seperti sahabat dan rekan kerja di kantor. Bagaimana caranya? Simple dan mudah saja. Salah satunya adalah dengan memberikan penghargaan yang tulus kepada dia, dengan pendekatan personal dan tentunya baik untuknya. Hal tersebut akan mengisi embernya dan membuatnya lebih produktif, lebih sehat, dan lebih baik lagi.

Kuncinya adalah dengan mengisi ember sebanyak-banyaknya untuk orang lain dan melakukan perubahan lingkungan, supaya keadaan menjadi nyaman bagi semua orang. menurut buku ini, perbandingan idealnya adalah 5x perlakuan positif:1x perlakuan negatif. Jadi ketika kita melakukan perbuatan negatif pada orang lain, lakukanlah 5x perbuatan positif sebagai balasannya.

Setelah selesai membaca buku itu, saya lalu susah tidur. Saya memikirkan bagaimana caranya untuk mengisi ember saya sendiri dan orang-orang di sekitar saya. Lalu saya menemukan satu cara, yaitu dengan membagi ilmu ini kepada orang lain. Saya lalu berniat untuk membeli buku ini dan "mengedarkan"nya kepada banyak orang. Tentu saja, bukan saya sendiri yang bekerja.

Saya hanya akan memulai dengan membeli buku ini, menandatangani halaman paling belakang dan memberi tanggal saya selesai membacanya, lalu memberikannya kepada salah satu mantan atasan saya. Saya berharap beliau juga bsia menyelesaikan membaca buku ini, lalu menandatanganinya dan memberikannya kepada satu orang lain lagi. Dengan cara ini, mudah-mudahan ilmu yang berguna untuk kita semua ini bisa beredar luas. Kita tidak lagi menerima perlakuan negatif dari orang-orang sekitar, termasuk di kantor, dan mulai mengisi ember-ember mereka yang berada di sekitar kita.

Memulai dari sesuatu yang kecil, ilmu yang seadanya ini ingin saya sumbangkan bagi dunia supaya kita hidup dengan lebih POSITIVE dan dunia menjadi tempat yang nyaman untuk kita semua. Saya juga memulai perdamaian dengan diri sendiri, sebagai salah satu upaya mengisi ember saya sendiri.

Salam damai...
Salam Langit Untuk Bumiku^^

(kunjungi juga www.bucketbook.com)

No comments: