Thursday, August 13, 2009

Menapaki Alam...


Kira-kira 15 menit yang lalu saya baru saja selesai makan siang. Menu hari ini hanya nasi,telur dadar,dan oseng tempe kecap buatan sendiri. Dengan kekenyangan,saya lalu ingin berangin-angin diluar rumah kontrakan. Jongkoklah saya,santai,di pinggir tembok pembatas rumah. Halaman samping rumah ini memang ditumbuhi beberapa tanaman seadanya. Ada cabai rawit dan pepaya. Tidak disemen,tp hanya bertanah merah.

Saya keluar tanpa alas kaki. Matahari yang terik menyinari bumi begitu dasyat. Kaki saya melompat-lompat kecil menghindari kerikil. Lalu saya berjongkok dan termenung. Selintas menikmati anugerah yang Tuhan beri bagi saya hari ini. Saya mendongak,melihat langit biru bersih,rangkaian awan hanya tipis saja.

Tersadar dengan keadaan,saya menapaki alam. Dibalik perumahan daerah sini,sebuah gunung menjulang. Tidak terlalu tinggi memang,tapi menakjubkan. Datarannya hijau. Saya seperti melihat dunia yang lain dari biasanya.

Karena kesadaran terasa semakin hilang, bangkitlah saya. Lalu perlahan melewati halaman menuju pintu depan. Panas dari tanah menyapa telapak kaki saya,menyusupkan kehangatan. Semua rangkaian itu saya sadari dan syukuri. Nikmat sekali bertelanjang kaki. Rupanya si telapak sudah lama lupa rasa sakit dicubit oleh hawa panas tanah. Saya biarkan dia ingat,supaya kedua kaki ini mampu bersyukur lagi.

Hawa panas hari ini menenangkan saya. Tapi yang lebih penting,mengingatkan saya. Siapakah sebenarnya hamba,dibalik segala alam dan siapa penciptanya. Kerinduan akan Tuhanku terlengkapi sudah. Saya menyapa Allah dari sepasang kaki ini (tidak ada maksud merendahkan).

Sampai sekarang sebenarnya telapak kaki saya masih terasa sedikit perih dan panas. Tapi syukur tak henti-hentinya mengindahkan hati saya. Si kaki ini mengajarkan saya untuk merendahkan diri kepadaNya. Luar biasa. Syukur kepada Allah...

2 comments:

deddysan said...

nice thoughts...
even from small and simple things, we can singing gracefull to the Lord...

lidya Agusfri said...

Praise the Lord... Huaaaa, what a pleasant feeling! Thanks... GBU^^