Thursday, August 6, 2009

susahnya menjadi jobseeker

hari ini begitu bangun tidur... yang terpikir adalah, bagaimana bisa mengisi waktu dengan tepat biar semuanya bisa menjadi produktif, supaya saya menjadi manusia yg lebih berguna. Tapi kenyataannya... waktu yg harus diisi, masih kosong dari daftar kegiatan. Dulu, setahun yg lalu, banyak banged kerjaan ngantri di dalem otak... Mulai dari mandi, sarapan, ke kantor, ganti seragam, ngambil kunci di FO, buka executive office, nyalain AC n kompi, ngeprint minutes briefing en meeting, fotokopi minutes, prepare briefing pagi, nyusun surat-surat, ato form untuk ditandatangani oleh GM di office...pokoknya seabrek kerjaan yg bikin sutrisno.

aneh rasanya, karena semua kegiatan harian yg udah terbiasa dijalanin n tersusun rapi tiba2 sekarang ilang begitu aja. Status sementara jadi pengangguran a.k.a jobseeker. Sulit bener hidup di waktu yg 24 jam seharinya kerasa bagai 50 jam. Terlalu banyak bergosip, baca buku, maen gitar, nyanyi2, masak-memasak, dan kegiatan tak penting lainnya. Bangun tidur, ngumpulin nyawa dulu trus otomatis di kaki berjalan ke arah dapur ngambil handuk en mandi. Selanjutnya??? Bingung deh... Bisa aja seharian online, mencari lowongan kerjaan. Bisa juga cuma kumpul-kumpul bareng temen kontrakan. Sore, kalo guru les lagi pengen..bisa lanjut dengan les mandarin 2 jam, lumayan buat ngisi waktu biar makin pinter. Tapi ya begitu-begitu aja. Kurang sreg rasanya, kalo hidup lebih banyak buat maen en ngabisin uang daripada kerja en nerapin ilmu yg dipunya (cieeeh, gaya betul!)

Susahnya jadi pengangguran ya banyak. Salah satunya adalah, keengganan menyusahkan orang tua yg musti terus mengucurkan dana. Kalo udah sekarat, rasanya maluuuuu banged buat minta sumbangan sukarela dari sang ayah. Tapi mau makan dari mana uangnya? Indomie lah yang terpaksa di stock buat menu harian, entah sarapan, makan siang, mpe makan malam, plus dijadiin cemilan2nya sekalian. Jadi kurus? Blom tentu... Karena selama nganggur ini, justru berat badan naik drastis. Bisa-bisa dikira ibu hamil nih, karena lemak-lemak di daerah lengan dan perut menumpuk dengan kejamnya. merubah bentuk badan, dari ideal, jadi sangat-amat-tidak-enak-dilihat. Mimpi jadi model, jauh2 deh perginya...kabur cepet sekali.

Susahnya lagi, kalo mau pergi maen en bersenang-senang selalu dalam perasaan yang tidak nyaman. Ngerasa bersalaaaaah aja tiap mau pergi nonton ato diajak nongkrong bareng sohib. Sambil minum kopi, mikir dalem hati..."nih kopi dibayar dari keringet bokap gw". Sambil nonton di bioskop, mikir dalem ati..." filmnya bagus sih...tapi lebih seru kalo nonton bareng temen2 kantor mustinya". Wah, ribet lah... Banyak pertimbangan en perasaan gak enak.

Nyari kerjaan di tahun 2009 ini ternyata sulidnya minta ampun. Apalagi lulusan ilmu komunikasi. Baru nyadar sekarang, banyak perusahaan masih tidak butuh yg namanya PR ato Humas. Wadoh, kacaw lah kalo musti lintas jurusan. Pengennya sih bisa buka praktik doket gigi, yang menurut temen penghasilannya bisa 28 juta sehari. Siapa yg gak mau coba? Ngerasa salah ambil jurusan dan sedikit menyesal... tapi memang sebenernya gak mungkin sih, secara waktu SMA dulu masuk jurusannya IPS..hahaha... Kejauhan ya kalo musti nyebrang ke sono.

Nah, hari ini sudah ada beberapa lamaran yang aku apply. cukup stress en cape mata. tapi ya, biar Tuhan aja yg nentuin jalannya. Ada juga temen yang nawarin kerjaan.. Jadi sekretaris lagi? Terima aja lah..walopun gak terlalu berniat en minat2 amat. kalo kata orang, "daripada nganggur??!!!" Jadi sekretaris pribadi juga boleh lah. asal calon suami bisa nyiapin uang 2oo ribu sehari, guna kebutuhan rumah tangga yang kian sulit dipenuhi zaman kini. Yang pasti musti bisa ke salon minimal sebulan sekali, makan daging tiap ari, ke mana-mana disopirin atau bawa mobil sndiri, di rumah udah tersedia pembantu. Eeeeh, siapa yang gak mau?!!! Sayangnya, para anak mentri en pajabat tinggi rata2 sudah punya pasangan en inceran masing-masing. Mau ketemu lowongan macam ini juga susah bener. melototin koran tiap hari pari pagi mpe tengah malem juga pasti gak bakalan dapet deh. Memang musti kerja dulu, punya jabatan yang lumayan, trus mulai deh sabet kiri kanan, cari lelaki yang punya posisi bagus di kantor en bermasa depan cerah. hahahaha... namanya juga usaha...

Wah, cukup lah daku berkeluh kesah hari ini. Mau ditangisin nasibnya juga gak bakal tiba2 berubah. Yang penting udah usaha. Mudah2an aja bisa beneran punya jabatan secepetnya, gak cuma menuh2in Indonesia dan menaikkan angka pengangguran negara aja. Amiiin...

No comments: